Dengan Limbah Aspal, HMI Komisariat Madani ITN Malang Sukses Melaksanankan Program Pengabdian Masyarakati

Himpunan Mahasiswa Islam HMI, Komisariat Madani, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

HMI Komisariat Madani, ITN Malang yang juga mahasiswa Teknik Sipil S-1 ITN Malang melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menambal jalan di Jalan Bendungan Bening, RT 03/RW 07, Kelurahan Sumbersari, Kota Malang.


itnmalangnews.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komisariat Madani, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang melaksanakan pengabdian masyarakat dengan melakukan perawatan jalan berlubang, di Jalan Bendungan Bening, RT 03/RW 07, Kelurahan Sumbersari, Kota Malang pada Sabtu (23/7/2022).

Baca juga:  www.itn.ac.id 

Kegiatan ini berawal dari adanya limbah aspal hasil praktikum bahan jalan di Laboratorium Bahan Konstruksi Teknik Sipil, ITN Malang. Para kader dan pengurus yang mayoritas mahasiswa Teknik Sipil ITN Malang memanfaatkan kembali limbah aspal tersebut sebagai bahan untuk menambal jalan berlubang sekitar Komisariat Madani.

“Selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini juga untuk memanfaatkan limbah aspal. Karena, selama ini limbah aspal bekas praktikum hanya dibuang begitu saja. Maka dari itu, pengurus dan anggota Komisariat Madani berinisiasi untuk memanfaatkan limbah tersebut sebagai bahan untuk menambal jalan berlubang disekitar komisariat,” ungkap Ahmad Fauzi, Kabid Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP), HMI Komisariat Madani, ITN Malang, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Ada Lapak Buku di Hari Bumi

Program tersebut melibatkan 17 mahasiswa ITN Malang yang juga merupakan kader dan pengurus HMI Komisariat Madani ITN Malang. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi dan salah satu tujuan dari HMI itu sendiri.

“Kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk pengabdian masyarakat sebagai implementasi tri dharma perguruan tinggi yang selaras dengan salah satu tujuan HMI, yakni terwujud kualitas insan pengabdi. Sehingg, kami mengangkat tema kegiatan Aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Mewujudkan Kualitas Insan Pengabdi,” jelasnya.

Dipilihnya kegiatan tersebut karena adanya kesadaran dari kader bahwa jalan disekitar Komisariat Madani khususnnya di Bendungan Bening mengalami sedikit kerusakan. “Kami melihat kondisi jalan yang berlubang disekitar komisariat. Maka, para kader dan pengurus tergerak untuk memanfaatkan limbah aspal yang ada di kampus kami,” imbuh mahasiswa teknik sipil ini.

Kegiatan menembel jalan yang berlubang sebelumnya memang belum pernah dilakukan. Program ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Komisariat Madani. Apalagi mereka adalah mahasiswa teknik sipil yang tidak asing lagi dengan cara mengolah aspal untuk menambal jalan.

Baca juga: Terapkan Green Construction Management Tim Teknik Sipil ITN Malang Juara 2 Kompetisi Tender Tingkat Nasional di Sukoharjo

Wargapun terlihat antusias dengan adanya perbaikan jalan tersebut. Menurut warga, jalan di Bendungan Bening sedikit berlubang dan harus segera diperbaiki. Sementara anggaran perbaikan jalan pernah diajukan oleh warga, namun hingga saat ini belum terealisasi.

A. Maulana Farabi, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan penambalan jalan disambut hangat oleh ketua RW setempat. Ketua RT dan warga juga antusias memberikan support, seperti konsumsi. “Karena memang mereka (warga) sudah sangat resah dengan jalan berlubang di lokasi tersebut,” ujar A. Maulana Farabi selaku ketua pelaksana kegiatan.

Sebagai mahasiswa mereka berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara masif dan berkelanjutan, agar dapat membantu masyarakat serta diharapkan mahasiswa lebih peka terhadap kondisi lingkungan disekitar.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini menjadi program yang bisa membantu warga dalam perawatan jalan khususnya di RT 03 RW 07. Selanjutnya kami berharap program seperti ini lebih masif dan mahasiswa lebih peka melihat kondisi lingkungan sekitarnya. Seperti pribahasa mengatakan dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung,” pungkas Maulana. (Ahmad Fauzi)

———–

Pewarta: Ahmad Fauzi, mahasiswa Teknik Sipil S-1 ITN Malang, dan Kabid PTKP, HMI Komisariat Madani, ITN Malang.

itnmalangnews menerima naskah berita, opini, cerita seputar kegiatan mahasiswa dan alumni ITN Malang. Silakan dikirim via email ke itnmalangnews@gmail.com.

(Visited 333 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *