Candra Ario Kusumo: Banyak Lulusan Kampus Sulit Menjawab Mau Gaji Berapa

itnmalangnews.id – Lulus kuliah sudah tentu langkah selanjutnya adalah bekerja. Namun mendapat kerja tidak semudah yang kita bayangkan. Kadang selembar ijazah tidak cukup, masih memerlukan perangkat lain untuk dapat diterima di suatu perusahaan. “Loyalitas itu tak kalah pentingnya dari sekedar ijazah. Dan itu yang dicari oleh perusahaan,” terang Candra Ario Kusumo, direktur Sukojati saat melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Candra Ario Kusumo- education recruitmentDalam acara yang diselenggarakan di ruang sidang rektorat tersebut, pria yang juga alumni kampus biru juga menjelaskan bahwa sejauh ini banyak perusahaan yang mengeluhkan komitmen alumni kampus dalam bekerja. Bahkan perusahaan cenderung memilih lulusan SMP atau SMA yang bisa dididik dan memiliki loyalitas. Soft skill macam itu, imbuh Candra, masih belum disentuh dengan baik oleh kampus. “Banyak lulusan kampus sulit menjawab mau gaji berapa,”tutur pria yang kini tinggal di Turen tersebut.

Karena itu, Sukojati bersama tim siap bekerja sama dengan ITN Malang untuk menangani khusus para lulusan. Sehingga setelah mereka diwisuda langsung masuk dalam perusahaan. Menurut Candra, nanti para mahasiswa menjelang lulus akan dibekali dengan education recruitmen. Pendidikan ini akan berisi pengetahuan dunia kerja, pembuatan surat lamaran, pelatihan psikotes, pelatihan wawancara, pengembagan soft skill, pengetahuan medical check up. “Nanti setelah materi ini diberikan para lulusan akan dites dan hasilnya dalam bentuk sertifikat. Sertifikat ini nantinya dapat diberikan langsung pada perusahaan sebagai jaminan kemampuan soft skillnya,” kata dia. (her)

(Visited 266 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *