Berikan Semangat pada Para Ibu, Rukun Ibu ITN Malang Gelar Perlombaan

itnmalangnews.id – Ada yang lain dengan Rukun Ibu Institut Teknologi Naaional (ITN) Malang pada euphoria peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Untuk pertama kalinya, Rukun Ibu menyelenggarakan lomba kemerdekaan di kampus 2, Jalan Raya Karanglo, Km 2, Malang. Perlombaan digelar di hari yang sama dengan pertemuan rutin Rukun Ibu, Sabtu (24/08).

Berikan Semangat pada Para Ibu, Rukun Ibu ITN Malang Gelar PerlombaanKetua Rukun Ibu (paling kiri) berfoto dengan para pemenang lomba balap sarung. (Foto: Ata/itnnews)


Lomba bertujuan untuk memberikan semangat pada para Ibu dalam nuansa kemerdekaan. Ir. Ari Mukti, MT, Ketua Rukun Ibu ITN Malang, berinisiatif mengadakan di Kampus 2 agar lokasi kegiatan lebih merata. “Selama ini kan kegiatan kami sering di Kampus 1. Sesekali kita perlu membuat kebersamaan di kampus 2. Tidak boleh membeda-bedakan perlakuan karena kita satu visi menuju ITN yang lebih baik,” katanya menjelaskan.

Mengenai semangat yang dimaksudkan adalah dalam hal peran. Bagi Ari, peran ibu tidak kalah penting dengan kaum bapak. “Peran ibu besar. Selain bisa men-support bapak, dari ibu-ibu lah bapak-bapak bisa mengembangkan inovasi. Kalau tidak ada ibu biasanya kondisi rumah juga lebih tidak terurus,” imbuh Ari.

Istri Rektor ITN Malang ini kemudian menghubungkan antara peran para ibu dengan kemerdekaan Indonesia. Kaum perempuan juga mampu berperan aktif mengisi kemerdekaan. Tidak jauh-jauh, Ari mencontohkan dalam lingkup Rukun Ibu. “Mari memulai contoh-contoh kemandirian. Jika mau, kita bisa berjuang dan menghasilkan dana tanpa terlalu tergantung pada lembaga. Ini membuktikan bahwa kita mampu, sebagai wanita, kita bisa. Bersama, kita bisa,” ujar Nyonya Kustamar ini.

Kegiatan Rukun Ibu hari ini adalah senam, lomba kemerdekaan, dan arisan. Adapun lomba kemerdekaan yang digelar antara lain; lomba balap sarung, balap terong, dan joget balon. Lomba balap sarung merupakan lomba kelompok dimana satu kelompok tiga orang. Lomba balap terong dilaksanakan perseorangan, yaitu dengan mendorong balon berisi air dengan terong hingga garis finish. Sementara itu, lomba joget balon dilaksanakan berpasangan sampai lagu berhenti. (ata)

Link : www.itn.ac.id

(Visited 69 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *