Berbagi Pengalaman di IAI, Mahasiswa ITN Malang: Bangun Tidur Langsung Sket

itnmalangnews.id – Kesuksesan lima mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang masuk dalam 10 nominasi lomba Sketsa di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang membuat panitia ingin tahu rahasianya. Alhasil mereka diundang dalam acara talk show untuk berbagi pengalaman mensket. Para mahasiswa yang diundang di antaranya: Ruthdyan  Novitasari, Bandar Herlambang, Aulia Faisal Johansayah, Wisnu Wardana Putra dan Hamka, dosen pembimbing.

mahasiswa-arsitektur-itn-malang-berbagi-pengalaman-di-iaiDalam kesempatan tersebut mereka membuka rahasinya yaitu berdirinya komunitas Sket OTS (On The Spot). Melalui komunitas yang dideklarasikan pada 31 Oktober 2016 inilah mereka belajar sket setiap waktu. Mereka membuat agenda pertemuan rutin setiap minggu. Pertemuan ini biasanya dilakukan di tempat-tempat terbuka dimana mereka dapat langsung mensket objek tetentu. “Itu kalau cuaca cerah, tetapi kalau lagi hujan kami ngumpul di kampus saja dan ngobrol banyak hal tentang sket,” terang Johansyah, yang juga sebagai koordinator komunitas.

Sementara Hamka, menceritakan bagaimana terbentuknya komunitas. Menurut dosen asal Sulawesi Selatan tersebut, bermula dari dirinya melihat karya sket Bandar dan Johansyah. Dimana baginya karya kedua mahasiswa tersebut sangat bagus, sehingga timbul keinginan dirinya untuk belajar bareng dengan mereka. Maka dibentuklah komunitas yang juga melibatkan mahasiswa lainnya. “Mei 2016 kita ngumpul dan sepakat buat komunitas, lalu Oktober 2016 kita deklarasikan,” terang dosen muda tersebut.

Pada saat awal-awal berdiri, menurut Hamka peserta cukup banyak yang antusias ingin bergabung. Saat itu anggotanya berjumlah 33 orang, sementara saat ini anggotanya sudah mencapai 56 orang. Kemungkinan jumlah ini akan semakin banyak, karena untuk menjadi anggota Sket OTS tidak ada persyaratan khusus. Yang penting mau belajar sket maka bisa masuk. “Meskipun sket acak-acakan tetap boleh masuk di komunitas kami, justru disinilah tempat mereka belajat sket agar menjadi bagus. Dari jurusan apapun juga boleh masuk,” kata dia. (her)

(Visited 209 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *