Bamboo Mewek Besutan ITN Malang Juara I Lomba Kampung Tematik Kota Malang

itnmalangnews.id – Perjuangan berbuah manis, demikian ungkapan yang tepat bagi tim Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang yang mendampingi Kelurahan Tunjungsekar dalam acara lomba kampung tematik. Pasalnya, kelurahan yang berada di kawasan kali Mewek tersebut berhasil meraih juara satu dalam ajang yang diikuti kelurahan se-Kota Malang tersebut.

itn-malang-antarkan-kelurahan-tunjungsekar-juara-i-lomba-kampung-tematikIr. Budi Fatoni, MT pendamping dari ITN Malang menyatakan kegembiraannya dengan hasil yang memuaskan tersebut. Namun demikian, pria yang akrab disapa Budi menilai pencapaiannya tak lain karena berkat kerjasama yang baik antara masyarakat Tunjungsekar, mahasiswa, dan para dosen yang terlibat. “Kita mendengarkan keinginan masyarakat, lalu kita tangkap dan dibuatkan desainnya sesuai yang mereka inginkan dan jadilah konsep yang dipresentasikan ini,” terang dosen arsitektur itu saat ditemui di sela-sela acara presentasi di Balai Kota Malang.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang itu, kelurahan Tunjungsekar mengajukan konsep Kampung Bamboo Mewek. Menurut Budi, ide ini diambil dari kekhasan daerah tersebut yang memiliki banyak bambu di sekitar kali Mewek. “Kita tetap mempertahankan kekhasannya, yaitu bambu. Disamping itu bambu merupakan tumbuhan yang dapat menyerap air hingga 200 persen. Sehingga cocok untuk menjaga pinggiran sungai,” lanjut dia.

itn-malang-antarkan-kelurahan-tunjungsekar-juara-i-lomba-kampung2-tematikBambu-bambu itulah yang didesain sedemikian rupa sehingga kampung itu dapat membangun kawasannya dengan bahan-bahan bambu yang ditata rapi. Bahkan beberapa bangunan direncanakan dibuat menggunakan bambu. “Bangunan itu tidak harus dari beton, dari bambu juga kuat. Terbukti dalam sejarah sudah ditunjukkan bahwa pengawetan bambu sangat teruji,” tuturnya.

Dalam lomba yang diikuti sebanyak 72 kampung se-Kota Malang tersebut, Budi ditemani oleh dua dosen lain yang juga dari ITN Malang, di antaranya: Ir. Gaguk Sukowiyono MT dan Sudiro ST, MT. Perlu diketahui bahwa sebelumnya ITN Malang mengirim sebanyak 51 dosen dan ratusan mahasiswa untuk menjadi pendamping di acara lomba antar kelurahan itu. (her)

(Visited 1,225 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *