Awali Rencana Expo Pendidikan 2020, IKAM Kalimantan Selatan Bersilaturahmi ke Kampus Biru

itnmalangnews.id – Sejak tahun 1990-an, persentase mahasiswa Kalimantan yang melanjutkan studi ke Institut Teknologi Nasional (ITN) terbilang tinggi. Kampus Biru pun terus menambah perwakilan untuk menjaring mahasiswa di beberapa titik. Sampai awal 2020, sudah ada perwakilan di Banjarmasin, Tarakan, Palangkaraya, Balikpapan, Samarinda, dan Berau. Tingginya jumlah mahasiswa Kalimantan membawa Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Malang (IKAM) Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk berkunjung ke ITN Malang.

Awali Rencana Expo Pendidikan 2020, IKAM Kalimantan Selatan Bersilaturahmi ke Kampus Biru

Kika: Fourry Handoko, ST, SS, MT, Ph.D, Wakil Rektor III ITN Malang, Irwansyah dan Rita (Pengurus Pusat IKAM Kalsel) saat berkunjung ke ITN Malang.  (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Baca juga: www.itn.ac.id

Irwansyah, perwakilan Pengurus Pusat IKAM Kalsel menjelaskan jika mereka sedang memulai roadshow ke Malang untuk menghelat Expo Pendidikan 2020. Sasaran pertamanya adalah silaturahmi ke kampus-kampus yang banyak dituju mahasiswa asal Kalimantan Selatan.

“Sekarang masih tahap silaturahmi, nantinya ditindaklanjuti proposal dan penawaran kerjasama. Kemudian dapat ditindaklanjuti lagi dengan mengadakan seminar dan rekrutmen daerah,” jelas Irwansyah, Senin (13/01/2020).

Sebelum bersilaturahmi dengan perguruan tinggi di Malang, IKAM mengunjungi asrama-asrama mahasiswa Kalimantan Selatan. Untuk lebih lanjut mereka hendak mendata alumni dan memperluas informasi perguruan tinggi bagi pelajar Kalimantan Selatan. IKAM pun berencana meningkatkan sosialisasi ke pemerintah daerah supaya para calon mahasiswa semakin tertarik dan terfasilitasi.

“Ada 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan dan persebaran informasi di daerah hulu sungai masih minim. Kami juga akan meningkatkan sosialisasi ke pemerintah daerah terkait dukungan pendidikan tinggi, seperti menambah beasiswa. Sedangkan untuk mahasiswa yang sudah lulus, kami tengah mendata alumni di mana datanya kelak akan kami bagi ke perguruan tinggi yang bersangkutan,” papar Irwan yang juga Ketua Bidang Pengembangan SDM IKAM Kalsel.

Baca juga: Beri Materi Lebih, Matrikulasi Arsitektur Gandeng Alumni

Baca juga: Pembangunan Pura ITN Malang Libatkan Alumni

Wakil Rektor I bagian akademik, Dr. F. Yudi Limpraptono, ST, MT, menginginkan agar pertemuan ini dapat memudahkan kedua pihak. ITN Malang sendiri memerlukan informasi seputar calon mahasiswa. “Institusi butuh informasi terkait calon mahasiswa. Keberadaan jejaring alumni akan memudahkan hal ini. Terkait penerimaan mahasiswa baru pun, harapan kami IKAM bisa berkontribusi membantu seperti marketer,” ujar Yudi.

Selaras dengan pernyataan Yudi, Wakil Rektor III bagian Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Internasional, Fourry Handoko, ST, SS, MT, Ph.D, berharap terjalinnya sinergi yang lebih baik. Ia pun berpesan agar kegiatan-kegiatan kolaborasi dapat berjalan secara terstruktur.

“Mudah-mudahan pertemuan kali ini menjadi awal peningkatan sinergi alumni dan perguruan tinggi. Kiranya bisa meningkatkan kerjasama dan simbiosis mutualisme. Kegiatan dapat ditata bersama agar lebih efektif dan terstruktur jadwalnya,” tukas Fourry. (ata)

(Visited 503 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *